Sistem Operasi Independen Dijelaskan

Sistem Operasi digambarkan sebagai perangkat lunak yang terdiri dari data dan program yang merupakan fitur umum pada sebagian besar komputer dan melengkapi berbagai fungsi seperti mengelola sumber daya perangkat keras komputer serta menyediakan layanan umum untuk membantu pelaksanaan operasi berbagai aplikasi. perangkat lunak (perangkat lunak komputer yang dirancang untuk tujuan membantu pengguna melakukan satu atau beberapa tugas terkait, seperti pemutar media, perangkat kantor, dan perangkat lunak akuntansi). Untuk fungsi perangkat keras (seperti alokasi memori dan input dan output), sistem operasi bertindak sebagai semacam ‘orang tengah’ antara program komputer dan perangkat lunak aplikasi.

Struktur operasi dapat dianggap sebagai contoh paling penting dari perangkat lunak sistem yang ada dalam sistem komputer karena tanpa sistem operasi, tidak mungkin bagi pengguna untuk menjalankan program aplikasi di komputer mereka (tentu saja kecuali aplikasi adalah ‘booting sendiri’ dan karenanya tidak memerlukan bantuan sistem operasi). Karena alasan inilah sistem operasi adalah ditemukan di hampir setiap perangkat yang berisi segala bentuk komputer, mulai dari superkomputer kelas atas dan server web, perangkat teknologi sehari-hari, seperti konsol video game dan bahkan ponsel.

Komponen struktur operasi termasuk Kernel (yang paling penting dari semua komponen aplikasi operasi) yang bertindak sebagai jembatan antara perangkat lunak aplikasi dan pemrosesan data aktual yang dilakukan pada tingkat perangkat keras. Tanggung jawab komponen ini termasuk mengelola sumber daya sistem (mengelola komunikasi antara perangkat keras dan komponen perangkat lunak). Interupsi (sinyal asinkron yang menunjukkan perlunya perhatian atau menunjukkan peristiwa sinkron dalam perangkat lunak yang memerlukan perubahan dalam eksekusi) adalah bagian penting lain dari aplikasi operasi, seperti multitasking (menjalankan beberapa program komputer independen pada komputer yang sama. ).

Sering terjadi bahwa perangkat lunak aplikasi ditulis untuk digunakan hanya pada satu sistem operasi tunggal (dan kadang-kadang bahkan untuk satu perangkat keras tertentu) dan sebagai hasilnya, dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi mungkin bagi komputer untuk mendukung sejumlah perangkat lunak independen yang berbeda. struktur operasi. Biaya dalam mendukung sejumlah aplikasi operasi yang beragam dapat dihindari oleh pengguna alih-alih menulis aplikasi terhadap platform perangkat lunak (elemen penting dalam pengembangan perangkat lunak) seperti Java.

Leave a Comment