5 Tips Smartphone dan Durasi Layar untuk Mengurangi Migrain

Jika Anda sering merasa terganggu dengan migrain, ponsel cerdas Anda mungkin (sebagian) yang harus disalahkan. Gunakan tips ini untuk mengatur waktu layar Anda dan mengelola migrain.

Migrain bisa sangat melemahkan. Bagi sebagian orang, rasa sakitnya sangat parah sehingga menjadi tantangan untuk melakukan apa pun selain berbaring di ruangan gelap sampai serangan berlalu.

Beberapa faktor dapat memicu atau memperburuk serangan migrain, tetapi jika Anda memperhatikan bahwa penggunaan ponsel dalam waktu lama sering menyebabkan serangan migrain, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan.

Bagaimana Ponsel Dapat Menyebabkan Migrain

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara penggunaan ponsel (atau paparan waktu layar yang berkepanjangan secara umum) dan migrain, seperti penelitian di Cephalalgia ini. Namun, juri masih belum mengetahui mengapa ini bisa terjadi.

Ada beberapa teori, bagaimanapun, yang menawarkan beberapa penjelasan:

  1. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar ponsel cerdas dapat mengganggu tidur Anda, pemicu migrain yang umum.
  2. Penggunaan smartphone dalam waktu lama dapat menyebabkan ketegangan mata, pemicu migrain yang terkenal.
  3. Penggunaan smartphone untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan “text neck” (membungkukkan kepala ke bawah dan menyandarkan punggung untuk melihat layar), pemicu migrain umum lainnya.

Selain itu, penelitian dari American Academy of Neurology ini menunjukkan bahwa pasien sakit kepala primer yang menggunakan ponsel mereka untuk waktu yang lama lebih mungkin untuk minum lebih banyak obat, tetapi mengalami lebih sedikit kelegaan.

Sementara penelitian ini masih belum meyakinkan, tampaknya jelas ada hubungan antara penggunaan smartphone dan migrain. Jika migrain Anda memburuk setelah menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, mungkin sudah waktunya untuk melakukan beberapa perubahan.

5 Perubahan yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengurangi Risiko Migrain

Teman genggam tercinta Anda dapat memicu atau memperburuk serangan migrain. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengurangi risiko.

1. Sesuaikan Kecerahan Layar Anda

Cahaya dari smartphone dan lingkungan Anda dapat menyebabkan ketegangan mata, yang terjadi ketika mata Anda lelah karena terlalu sering digunakan, terutama setelah melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda untuk fokus pada sesuatu dalam waktu lama. Ini dapat memperburuk migrain atau memicu serangan.

Untuk menghindari ketegangan mata akibat layar, Anda sebaiknya menyeimbangkan kecerahan layar dengan lingkungan sekitar. Misalnya, jika Anda berada di ruangan yang gelap, Anda mungkin ingin menurunkan kecerahan pada ponsel Anda. Biasakan untuk menyesuaikan kecerahan ponsel Anda sepanjang hari untuk mendapatkan pengalaman menonton yang paling nyaman dan memastikan mata Anda tidak bekerja terlalu keras.

Selain itu, gunakan aturan 20-20-20 untuk menghindari menatap layar Anda untuk waktu yang lama. Aturannya adalah sebagai berikut: setiap kali Anda menghabiskan 20 menit melihat layar, pilih sesuatu yang lain yang berjarak hingga 20 kaki dan lihatlah selama 20 detik.

2. Aktifkan Filter Cahaya Biru

Ada sesuatu yang sangat menarik tentang menggunakan ponsel Anda di tempat tidur sebelum tertidur. Dan meskipun Anda mungkin tahu bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh layar Anda dapat mengganggu tidur, Anda tetap melakukannya. Ini bisa menjadi faktor yang berkontribusi signifikan terhadap migrain Anda.

Dengan asumsi Anda memilih untuk tidak melepaskan kebiasaan smartphone sebelum tidur (kami mengerti, itu sulit), ada beberapa pengaturan yang dapat Anda mainkan untuk meminimalkan dampak cahaya biru pada tidur Anda.

Banyak ponsel hadir dengan opsi filter cahaya biru yang dapat Anda aktifkan untuk membantu mengurangi emisi cahaya biru dari ponsel cerdas Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan iPhone, Anda dapat memanfaatkan Night Shift untuk mengurangi cahaya biru. Untuk mengaktifkan Night Shift di iPhone Anda, buka Settings > Display & Brightness > Night Shift . Anda dapat memilih kapan Anda ingin Night Shift dimulai dan dihentikan dan juga menyesuaikan suhu warna.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, ada juga filter cahaya biru bawaan yang dapat Anda aktifkan di pengaturan tampilan Anda, meskipun namanya mungkin berbeda tergantung pada perangkat Anda. Misalnya, Samsung menyebutnya Eye Comfort Shield.

Atau, Anda dapat membeli kacamata pemblokiran cahaya biru, yang dapat membantu menyaring cahaya biru dari layar mana pun.

3. Tingkatkan Ukuran Teks

Apakah Anda mendapati diri Anda menyipitkan mata untuk membaca teks di ponsel Anda? Mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ukuran teks. Menyipitkan mata di depan layar komputer dapat menyebabkan ketegangan mata, menurut sebuah studi di Optometry and Vision Science. Dan ketegangan mata dapat memperburuk migrain.

Untuk menambah ukuran teks di iPhone Anda, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Ukuran Teks . Di sini, Anda dapat menyeret penggeser ke kanan untuk memperbesar teks.

Di ponsel Android, buka Pengaturan > Tampilan , lalu cari opsi ukuran font. Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan fitur pencarian suara dan text-to-speech untuk mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk melihat teks di layar Anda.

4. Gunakan Aplikasi Manajemen Migrain

Mungkin sulit bagi Anda untuk melacak migrain Anda dan, terkadang, mengidentifikasi kemungkinan pemicunya. Untungnya, Anda dapat menggunakan aplikasi pelacakan migrain untuk membantu Anda mencatat gejala, durasi, tingkat nyeri, dan informasi relevan lainnya.

Migrain Buddy adalah aplikasi pelacakan migrain dan sakit kepala yang membantu Anda memahami kondisi Anda dan mengelolanya dengan lebih baik. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memasukkan gejala, tingkat keparahan rasa sakit, lokasi, dan kemungkinan pemicu. Ini juga memberikan wawasan berharga berdasarkan data Anda dan memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan dokter Anda.

5. Batasi Waktu Layar Anda

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meredakan migrain adalah dengan mengurangi waktu layar Anda. Ini bisa jadi sulit, terutama jika Anda mengandalkan layar untuk bekerja atau sekolah, tetapi penting untuk melindungi kesehatan Anda.

Untuk membantu Anda membatasi waktu layar, Anda dapat mulai dengan mempelajari berapa banyak waktu yang Anda habiskan di ponsel. Jika Anda menggunakan iPhone, Anda dapat menggunakan fitur Durasi Layar untuk mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan di ponsel.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Durasi Layar dan jelajahi statistik penggunaan Anda. Setelah mengetahui aplikasi yang paling sering digunakan, Anda dapat menetapkan batasan untuk diri sendiri.

Untuk memeriksa waktu pemakaian perangkat di Android, buka Pengaturan > Kesehatan Digital & kontrol orang tua. Selain itu, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk membatasi waktu layar Anda tanpa menggunakan layar. Misalnya, gunakan jam alarm analog alih-alih alarm bawaan ponsel Anda untuk menghindari menghabiskan waktu di ponsel Anda di pagi hari.

Ambil Langkah untuk Mengurangi Dampak Ponsel Anda pada Migrain Anda

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah migrain, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi frekuensi atau tingkat keparahan serangan migrain Anda. Mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak ponsel Anda pada migrain dapat menjadi sangat penting dalam mengelola kondisi Anda dan melindungi kesehatan Anda. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mengunjungi https://www.teknokarta.com.

Leave a Comment